Selasa, 11 Juni 2013

Perayaan Pertama Dies Natalis Teknik Elektro Universitas Jember ke-14

Bulan Mei 2013 kemarin menjadi bulan yang cukup berkesan buat keluarga besar Teknik Elektro Universitas Jember. Kenapa, kok bisa? Yap, karena di bulan inilah Teknik Elektro bisa merayakan Dies Natalis-nya yang pertama setelah 14 tahun berdirinya jurusan ini. Saya nggak tahu juga kenapa 13 tahun ke belakang setiap Dies Natalis Teknik Elektro ini tidak pernah dirayakan, berhubung yaaah sayanya sendiri nggak nanya sama senior-senior saya karena kesibukan saya yang cukup padat (curhaat :D). Tetapi dengan adanya perayaan ini setidaknya menjadi satu kebangkitan Teknik Elektro untuk tetap eksis dan menjalin kebersamaan sesama mahasiswa juga antara mahasiswa dan dosen Teknik Elektro agar semakin erat.

Kalau dilihat dari sejarahnya, sebenernya siiihh lahirnya Teknik Elektro bukan lahir di Bulan Mei. Jadi gini sejarahnya, pada tahun 1999, tepatnya tanggal 14 Februari (kok pas bener pas palentinan ya? :D), didirikanlah satu jurusan baru, yaitu Teknik Elektro di Fakultas Teknik Universitas Jember. Saat pertama kali berdirinya jurusan ini, hanya untuk Diploma 3 (D3). Setelah itu, saya kurang tahu juga berapa tahun setelah berdirinya prodi ini, akhirnya beberapa staf dosen disekolahkan lagi, karena direncanakan akan dibuka prodi baru yaitu untuk Strata 1 (S1). Kurang lebih begitu sejarah singkat berdirinya Jurusan Teknik Elektro untuk D3 dan S1.
  
Jadi, salah dong ngerayain Dies Natalis Elektro di Bulan Mei? :(

Ya nggak juga sih. Berhubung di bulan Februari kemarin lagi masa transisi kepengurusan himpunan, dari kepengurusan lama ke kepengurusan baru. Sebenernya udah ada sih pengurus himpunan yang baru yang secara de facto terbentuk bulan Januari 2013 kemarin, tapi karena secara de jure belum disahkan oleh Dekan, jadi memang agak sulit melaksanakan Dies Natalis pada bulan Februari. Selain itu, karena beberapa pengurus inti yang sibuk Kerja Praktik di luar Jember (termasuk saya :D) dan waktu yang sangat mepet untuk persiapan, jadi yaa diputuskan pada bulan Mei itulah perayaan Dies Natalis Elektro dilaksanakan.  

Terus ngapain aja nih acara Dies Natalis Elektro?

Ada serangkaian acara Dies Natalis Teknik Elektro, diantaranya lomba Counter Strike, lomba PES (bukan PE-ES lho yaa...), lomba catur (ini khusus buat dosen dan staf karyawan Teknik Elektro), lomba Futsal, daaaan satu perlombaan lagi yang mungkin baru pertama kalinya diadakan di Teknik Elektro, bahkan di Universitas Jember, itu adalaaahh (jeng, jeng, jeeeng....) LOMBA PANCOOO! Ide adanya lomba ini asalnya dateng dari pengurus himpunan dan juga temen-temen Elektro yang lain, emang kesannya annoying tapi justru karena dengan lomba ini selain mengukur kekuatan masing-masing, mahasiswa antar angkatan bisa semakin akrab, dan ini berlaku untuk lomba-lomba lainnya.

 Yang serius, yang serius, yang serius, tapi dibaliknya ternyata lagi lomba CS :D
Suasana temen-temen Elektro yang lagi lomba PES ^_^
Wess, si akang-akang yang lagi adu kekuatan lomba Panco, ayo tebak siapa yang menaaang? :D
 Salah satu tim yang berpatisipasi di Lomba Futsal antar angkatan :)

Kok lomba-lombanya nggak berhubungan dengan Elektro ya?

Memang sengaja dibuat begitu. Lomba-lomba yang diadakan oleh temen-temen panitia juga pengurus himpunan ini sengaja dibuat fun, dan jauh dari keelektroannya. Ya tahu sendirilah, yang namanya anak Teknik, tugas tuh selalu ada. Selain itu, tugasnya nggak tanggung-tanggung, menguras otak dan tenaga. Makanya nggak heran kalo anak Teknik tuh jarang tidur malam, atau seenggaknya tidur hanya beberapa jam karena tuntutan tugas yang amat banyak (bener nggaaaak? :D). Nah demi me-refresh pikiran dan tenaga temen-temen, kita (panitia dan pengurus, red.) membuat lomba-lomba yang bisa memacu semangat dan tentunya, bisa kita makin akrab antar angkatan :D.

Dari serangkaian acara ini, mulai dari lomba CS dan lomba catur tanggal 12-13 Mei 2013, lomba PES dan lomba panco tanggal 18-19 Mei 2013, serta lomba Futsal dari tanggal 20-23 Mei 2013, kita juga membuat acara pada malam puncak Dies Natalis Elektro ini tanggal 25 Mei 2013. Acara ini nggak dibuat amat sangat meriah, karena tujuannya tadi, mengakrabkan mahasiswa antar angkatan juga dengan dosen, maka acara ini dibuat dengan suasana kekeluargaan. Malam puncak ini bertempat di Kampus Teknik lama alias Kampat alias Kampus Patrang. Pada jam 7-an malam (lupa liat jam saya... :D) acara ini pun dimulai dan dibuka dengan sambutan dari Ketuplaknya, Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro dan secara resmi acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan, Pak Triwahju Hardianto. Menjadi suatu kehormatan tentunya, karena di perayaan pertama Dies Natalis Elektro ini dosen-dosen begitu respect hingga dapat meluangkan waktunya untuk acara ini. Diantaranya hadir Pak Triwahju beserta anak-anaknya, Pak Agung, Pak Bambang Supeno beserta istri dan anaknya, dan Mas Sugianto. Setelah sambutan-sambutan dari Ketua Panitia dan pejabat-pejabat di Elektro, acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng. Tentunya yang memotong pertama kali adalah Pak Triwahju, secara beliau adalah orang yang cukup penting di Elektro \:D/. Riuh tepuk tangan memenuhi lapangan ketika tumpeng dipotong (kayak ulang tahun, potong kue jadi potong tumpengnyaa, potong tumpengnya sekarang jugaa.. :D).

Acara pun dilanjutkan dengan acara hiburan. Ceritanya sih awalnya mau pembagian hadiah untuk temen-temen yang juara perlombaan kemarin, tapi berhubung banyak yang belum datang, jadi acara pembagian hadiah ditunda dulu dan diubah menjadi acara hiburan. Untuk pertama kali, acara ini diisi dengan hiburan dangdut, dan penyanyinya adalah adek-adek saya dari angkatan 2012 juga guest starnya (karena guest starnya itu penyanyi dangdut -_____-a). Karena ada musik dangdut itulah, acara jadi heboh di awal, yaa heboh sama yang joget-joget itu (soalnya saya nggak ikutan, hehe...). Setelah puas panggung digoyang dengan sajian dangdut, acara pun dilanjutkan dengan akustikan. Dua adek saya nih yang dengan suara merdunya dan petikan gitar yang indah menghangatkan suasana malam puncak yang cukup dingin (soalnya outdoor sih..), sehangat sajian kopi dan keripik yang disajikan oleh panitia khusus untuk temen-temen Elektro yang datang di acara ini.


 Sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro :D
Pemotongan tumpeng oleh Pak Triwahju :)
Semakin malam, acaranya semakin makin meriah. Saatnya penampilan spesial dadakan dari Ketua Himpunan. Kok dadakan? Ya iya, soalnya persiapannya Cuma 5 menit sebelum pertunjukan dimulai, hehe.. Sebenernya sih ini inisiatif saya, karena saya tahu si doi (Ketua Himpunan, red.) jago main gitar, dan saya yang hobi nyanyi (hobi lho bukan jago, hehe..), akhirnya kami (yang paling pengen tampil sih saya :D) memutuskan untuk menampilkan pertunjukan akustik dengan lagu Sempurna dari abang Andra and The Backbone, yaa untuk menyempurnakan malam puncak perayaan Dies Natalis yang kebetulan pas banget sama malam Minggu :D. Selain itu acara diisi juga dengan karaokean. Nggak perlu modal suara bagus, cukup modal berani nekat dan nggak demam panggung, semua bisa karaokean disini. Pokoknya acaranya seruu banget, meskipun nggak banyak yang datang karena sebelumnya hujan dan diadakan di akhir pekan (yang biasanya banyak yang pulkam), tetapi suasana hangat yang tercipta di perayaan Dies Natalis ini membuat acara ini bisa berjalan dengan lancar. Semoga dengan awal perayaan ini menjadi cikal bakal perayaan Dies Natalis Elektro ke depannya, sehingga setiap tahun bisa merayakan Dies Natalis Teknik Elektro lebih baik dari sebelumnya, dan tentunya Teknik Elektro bisa makin jaya :D

ELEKTRO TOGETHER FOREVER, GO GO GO!

4 komentar:

  1. Wah wah ternyata ibu Desti blogger juga ternyata :)

    BalasHapus
  2. Di kasih apa kalo sering-sering liat? hahahaha
    Mampir ke blogku juga dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih ucapan terima kasih mas, ehehe..
      siap mas :D

      Hapus