Sabtu, 15 Juni 2013

Robot Universitas Jember Berlaga di Kontes Robot Indonesia

Tanggal 26 dan 27 April 2013 kemarin, Robot Universitas Jember berlaga di Kompetisi Robot Nasional yang diadakan di Gor Bima Universitas Negeri Surabaya. Robot Universitas Jember? 

Wauw, gimana tuh ceritanya? :O

Jadi gini nih, tim Robot yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember berpatisipasi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV Jawa Timur yang diikuti oleh 23 tim dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta se-Jawa Timur.

Tim Robot dari UKM Robotika ini menerjunkan robot-robotnya pada tiga divisi, diantaranya dua robot yaitu robot otomatis dan manual di divisi KRI, mereka menamakannya robot Nan-Doer (kalo filosofi namanya saya kurang tau :D), robot berkaki dan beroda, Spider dan Evo yang berpatisipasi pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia.

Kalau mau ceritain persiapannya, persiapannya keren banget, menurut saya. Kenapa? Ya tentu saja persiapannya dari jauh-jauh hari dari waktu perlombaan dan teknisi yang membuat robot yang sangat sangat sangat keren banget. Meskipun saya nggak melihat langsung gimana proses pembuatannya, tapi saya salut banget sama perjuangan temen-temen saya ini, bermalam-malam mengerjakan robot, tidur di LPM bersama dengan robot (ehh? :O), daaan sebagian waktu mereka banyak dihabiskan bersama robot-robot mereka. Pokoknya luar biasa banget perjuangan temen-temen saya ini :D.

Sayangnya saya nggak bisa menonton langsung temen-temen saya yang sedang berjuang di medan pertempuran di Gor Bima Universitas Negeri Surabaya, meski begitu saya masih bisa menonton mereka lewat live streaming. (luar biasa fasilitas kontes robot ini :D).

Tim Nan-Doer Universitas Jember
Dari kaca hape yang saya liat (kebetulan streamingan lewat hape temen saya :D), semua robot yang berpatisipasi di lomba itu keren-keren, ada yang bisa nari (yang ikut di Kontes Robot Seni Indonesia), ada yang bisa nendang bola (Konten Robot Sepak Bola Indonesia), dan yang satu ini nih yang lombanya banyak bener penontonnya soalnya lapangan perlombaannya paling besar dibanding lomba yang lain, yaitu KRI.

Kalo saya liat-liat sih, robot dari PENS dan ITS yang keren banget. Kerennya tuh gini, robot mereka dengan cepat meletakkan targetnya daaaaaan bisa menancapkan daun pada hole yang telah disediakan. Robot ITS Taapiiiii robot Nan-Doer nggak mau kalah, karena mereka berhasil lolos ke perempat final. Sayangnya, karena di perempat final tim Nan-Doer melawan robot ITS, akhirnya tim Nan-Doer harus mengalah dan melancarkan ITS untuk maju di babak final :(.

Meskipun masih belum juara, saya tetep ucapkan SELAMAT buat tim robot dari UKM Robotika ini, atas semangat dan perjuangannya dalam membuat robot serta dapat menjalankan robotnya dengan cukup baik. Semoga di kontes robot tahun depan, tim robot UKM Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember bisa jadi juara, aamiiinn !

Sumber : http://www.unej.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar