Senin, 18 Mei 2020

Blog atau Vlog?


Finally, setelah hampir 3 tahun lamanya vakum, bisa menyempatkan waktu lagi untuk menulis blog. Setelah banyak mempertimbangkan ini dan itu (baca : malas, wkwk), memutuskan untuk kembali menarikan jari-jemari di atas keyboard. Tapi sebelum berbicara ngalor-ngidul pada tulisan kali ini, aku pengen ngomong sesuatu.

Hai, apa kabar? Lama yaa nggak jumpa. Semoga kamu yang membaca ini sehat selalu yaa.

Sudah hampir 3 bulan Indonesia dilanda duka. Virus Corona (atau Covid-19) yang menyerang seluruh pelosok Negeri bahkan Dunia membuat segala aktivitas terkena imbasnya. Membuat mereka yang terkena dampak, jelas dirundung luka. Namun di balik salamku tadi, semoga menjadi doa agar yang sedang sakit bisa terangkat segera penyakitnya, agar yang masih sehat tetap terjaga imunnya, dan kita semua selalu ada dalam lindungan-Nya. Aamiin.

Well, berbicara tentang aktif ngeblog lagi, sebenernya beberapa waktu yang lalu aku sempet dilema ketika memilih antara blog atau vlog. Seperti yang temen-temen tahu kalau saat ini sedang viral sekali orang-orang menjadi Youtuber. Dari anak-anak, remaja, bahkan selebgram dan artis berlomba-lomba membuat konten kreatif hingga menjadi trending.

Tapi jangankan untuk memilih, niat untuk menulis blog aja selalu tertunda. Padahal udah niat banget sampe ganti domain dari yang gratisan dari blogger menjadi domain berbayar. Alasannya lucu sih. Jadi dulu alamat blogku itu http://www.dhezdhezkawaii.blogspot.com/. Karena blog ini dibuat saat masih SMA dan aku yang senang dengan hal-hal berbau Jepang terciptalah nama itu. Dhez yang merupakan singkatan dari namaku Destiany. Kawaii yang merupakan bahasa Jepang dari Lucu. So, keliatan alay kan ya? Wkwk. Itu pandanganku ketika membuka blog ini lagi saat sedang duduk di meja kantorku.

So, yaa alhamdulillaahnya ada rezeki saat itu, aku memutuskan untuk mengganti domain itu supaya keliatan elegan lah (ceritanya). Destiaprawidya.com. Diambil dari nama lengkapku, Destiany Prawidyasari. Supaya tidak nampak panjang sekali dan sulit dalam menuliskannya, sehingga diambil beberapa suku kata depan dan tampak berima hehe.

Namun sayang disayang, meski sudah ganti domain pun masih belum membangkitkan semangatku untuk menulis. Selain karena sibuk bekerja, kadang lembur. Sibuk rebahan, scrolling sosmed, atau marathon drama korea, sehingga keinginan menulis lagi-lagi tertunda.

Kemudian mencoba untuk mengganti template blog. Mencari yang desainnya lebih simple, nggak padat, SEO friendly dan responsive jelas. Dan kayaknya sebulan yang lalu menemukan desain template yang pas di mata pas di hati. Namun meski sudah ganti template yang sesuai selera, masih aja belum bisa menggelitik hati untuk mau lagi menulis. Duh Des..

Dari ceritaku tadi kayaknya udah kelihatan jelas yaa akhirnya milih apa, hehe. Aku memilih untuk menulis blog ketimbang membuat vlog. Meski sama-sama harus memikirkan konten yang mau dipublish, tapi dengan ngeblog, semua ide langsung tertuang begitu saja dalam tulisan. Membangkitkan segala imajinasi kemudian membuatnya menjadi sesuatu yang dapat dibaca. Vlog juga tentu perlu konsep, kadang harus ditulis juga, cuma ribetnya itu nanti harus edit ini itu supaya vlognya nanti layak dan menarik untuk ditonton.

Berhubung ini juga blog pribadi, jadi segala hal yang ingin aku ceritakan, aku bagi, dengan bebas aku publish disini. Lucu juga ketika membaca tulisan-tulisan lamaku beberapa tahun yang lalu (Blog ini sudah dibuat sejak tahun 2008), aku bisa kembali mengingat memori di masa lalu. Masa kecil, masa sekolah, hingga masa kuliah yang saat ini hampir aku lupakan. Senyum-senyum sendiri. Malu sendiri karena melihat tulisan-tulisan dahulu kala yang alaynya tak tertahankan. Baper sendiri karena baca tulisan tentang sang mantan hehe. Seru pokoknya. Itu juga yang jadi alasanku untuk tetap mempertahankan blog yang kubuat sejak SMA ini meski isinya udah nggak karuan.

Well, one day ada rencana juga sih bikin vlog. Waktunya kapan ya ditunggu aja. Lagi nunggu momen yang pas aja buat bisa seru-seruan bikin vlog. Tapi nggak  janji juga yaa hehe.

Udah lama juga nggak blogwalking, kangen juga. Menyapa para blogger yang lain. Apa kabar ya teman-teman blogger disana? Semoga sehat selalu yaa..

4 komentar:

  1. Selamat datang kembali hehe:),
    sebenarnya baik vlog ataupun blog sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. hanya saya kebanyakan orang lebih suka menonton dari pada membaca, jadi lebih gampang dapet view deh vlognya jika kontennya menarik hehe. tapi ribetnya vlog ya gitu harus diedit dulu sebelum dipublish..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sambutannya hehe..

      bener banget, sejujurnya sekarang" ini saya lebih seneng menikmati tontonan vlog di Youtube ketimbang berselancar blogwalking ke blogger lain, tapi ketika mencoba untuk diri sendiri kayaknya butuh effort yang besar untuk bisa menciptakan vlog yang menarik untuk ditonton, apalagi kalau belum terbiasa berbicara banyak dan ditonton orang banyak hehe.

      salam kenal ya :D

      Hapus
  2. semangat ngeblog kak ^^ kl suka Jepang, silakan mampir di blog dan vlog saya kak ^^ Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak hehe..

      senang sekali sy kalau ada yg suka bikin konten tentang Jepang, semoga suatu saat saya bisa berkunjung kesana yaa, tentunya setelah Corona ini mereda, aamiin.

      terima kasih juga sudah berkunjung :)

      Hapus