Senin, 30 Januari 2012

Keripik Tahu Ala Gue

Assalamu 'alaikum..

Huidiiih, kok sekarang jadi bahas keripik-keripikan gini ya? Sampai badan juga makin kayak keripik ...

Oke, posting kali ini saya mau cerita tentang kejadian siang tadi. Ceritanya saya laper, lapeeeerrrr banget, sayangnya lauk makanan di meja makan nyaris habis alias dikit lagi. Buka kulkas, cuma ada tahu, tauge, sama telur yang ada. Dipikir-pikir, pikir-pikir, daaaaaaaaan dipikir, "Masak apa ya?", tapi karena rasa lapar yang tak tertahankan, alhasil saya punya ide buat keripik tahu. Kenapa saya buat keripik tahu? Karena buatnya paling gampang dari semua bahan yang ada. Buat telur goreng udah ada (sayangnya tinggal dikit), tumis tahu tauge kelamaan, ya udah cari aja yang praktis banget buatnya, ya keripik tahu itu.
Cara buat keripik tahunya gampang kok (sekarang gaya-gaya ala chef), cukup siapin tahunya, tahu yang saya pake ini tahu Bandung, bedanya sama tahu-tahu lain tuh tahu Bandung pokoknya ennyaak dah, udah ada rasanya gitu (disini saya nggak akan bahas cara buat tahu Bandung dulu yaa..), oke udah siap? Nah, siapin telenan, atau bahasa bakunya apa yaa? Ya pokoknya telenan dah, orang dapur pasti tahu alat yang satu ini kan? Oke, letakkan tahu di atas telenan, kemudian diiris tipis dengan pisau. Jangan terlalu tipis tapi jangan terlalu tebal juga, yang sedang-sedang sajaaaa (lah, malah nyanyi...). Sudah diiris tipis tahunya? Kemudian panaskan penggorengan alias wajan dengan minyak secukupnya, nggak usah banyak-banyak juga, kan ceritanya buat makan sendiri (buat saya yang kelaperan lebih tepatnya). Kalau minyaknya udah panas, masukin irisan tahu itu satu persatu-satu. Goreng dengan api yang sedang aja, kalau kebesaran tahunya takut gosong (untuk kasus saya yang kelaperan, apinya dibesarin biar cepet mateng). Udah mulai kecoklatan dan kering kan? Angkat tahunya (kemanaaa?) dari penggorengan itu dan tiriskan (udah kayak chef belum ini?), dan tadaaaaaaaa.... keripik tahu ala Chef Desty siap dinikmati...


Keripik tahu ini bisa jadi lauk makan sama nasi ataupun camilan di kala galau (ehhh...), makin sip kalau ditambah sama sambal, TOP dah (muji diri sendiri ). Temen-temen bisa coba buat nih (kalau yang belum pernah buat).

Akhirnya, makan siang saya pun jadi dengan nasi+keripik tahu+sambal, kalo kata Pak Bondan, maknyuusss :9.

Sekian posting saya kali ini.

Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar