Sabtu, 15 Juni 2013

Mobil Listrik Fakultas Teknik Melaju Melintasi Universitas Jember

Ada sesuatu (bukan sesuatu-nya Syahrini lho :D) yang membanggakan Universitas Jember di Bulan Februari 2013 kemarin. Apa yah? Apa yah? Yap, sebuah mobil listrik berhasil tercipta oleh rekan-rekan dan dosen yang tergabung di Tim Mobil Listrik Fakultas Teknik Universitas Jember. Mobil ini pertama kali diluncurkan tepat pada saat peresmian gedung baru Fakultas Teknik. Sinosi atau singkatannya Sing Nomer Siji (Yang Nomor Satu) adalah nama dari mobil listrik ini. Yang membuat menarik adalah ketika Rektor Universitas Jember, Pak M. Hasan, mencoba menaiki mobil listrik ini (yang ngendarain mobil ini langsung ketuanya sendiri, Mas Muhtada Faizul :D), kemudian berjalan menelusuri kampus UJ dan dikawal pawai motor oleh para mahasiswa Fakultas Teknik.
 Pak Rektor menaiki Sinosi dikawal mahasiswa Teknik
Sinosi menelusuri Universitas Jember

Sinosi merupakan listrik pertama karya mahasiswa Fakultas Teknik UJ yang merupakan versi laik jalan. Sebelumnya, mahasiswa Fakultas Teknik juga telah menghasilkan mobil listrik walau masih dalam versi prototipe yang diikutsertakan dalam beberapa lomba mobil listrik antarperguruan tinggi, salah satunya dari Kompetisi Mobil Listrik tingkat Nasional yang pernah diadakan di Politeknik Negeri Bandung.

Mobil bergaya sport berpenumpang dua orang ini dikerjakan oleh tim mobil listrik yang beranggotakan 30 mahasiswa, yaitu mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Elektro. Menurut salah seorang anggota Tim Molis, Sinosi berdimensi panjang 3,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 1,4 m. Bobotnya 300 kg dengan penggerak Brushless DC (BLDC) dengan catu daya baterai lead acid. Mobil berkecepatan 20 km/jam ini mampu menempuh jarak sejauh 35 km untuk kemudian harus dicharge kembali selama tiga jam. Mobil listrik itu diwarna biru dan hanya memiliki dua tempat duduk dan dua pintu. (Wauuw :O) Body mobil terbuat dari fiberglass. Sumber tenaga alias baterai ditempatkan di bagian hidung mobil, sementara penggerak di bagasi belakang. Selama pengerjaan Sinosi, para mahasiswa ini mendapatkan bimbingan dari dua dosen, Pak Hari Arbiantara dan Pak Moh Nurkoyim. 

Sayangnya mobil listrik ini masih banyak kekurangan di sana-sini. Beberapa di antaranya, nampak kabel yang belum tertata rapi pada bawah dashboard, body yang kurang menarik, interior yang masih kaku, dan belum ada sabuk pengaman. Meski demikian, mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik ini mendapatkan apresiasi positif dari Pak Rektor M. Hasan. Dalam sambutan peresmian gedung Fakultas Teknik, Rektor menyatakan bahwa pembuatan mobil listrik ini bukan latah, namun diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen dalam pengembangan mobil listrik yang lebih canggih. 

Saya ucapkan selamat (meski telat :p) buat temen-temen Tim Molis yang udah berhasil nyiptain Mobil Listrik, Sinosi. Semoga tahun berikutnya ada lagi Sinosi 2, Sinosi 3, dan Sinosi lain yang tercipta dari tangan-tangan berbakat Tim Molis Fakultas Teknik. So congrats !

sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar