Selasa, 18 Juni 2013

Hiruk Pikuk di Universitas Jember

Ada sesuatu yang berbeda yang terjadi hari ini di kampus saya, Universitas Jember. Ada apa yah? Ada apa yah? Ya, suasana yang begitu ramai ketika saya melintasi gerbang Fakultas Ekonomi di Jalan Jawa. Jalanan yang penuh antrian. Nggak biasanya begini. Banyak kendaraan yang memadati jalanan yang tidak begitu lebar itu, pagi-pagi lagi, sekitar jam setengah tujuhan. Awalnya saya mengira ada kecelakaan, soalnya saya lihat ada motor yang berada di pinggir jalan dan beberapa orang disana. Dengan rasa kepo, saya coba melewati motor yang saya kira jadi korban kecelakaan (bener-bener keepooo -____-), pas saya liat nggak ada yang luka tuh? Terus apa yang menjadi sumber kemacetan ini? Daaan ternyataa olalalaa hari ini adalah hari ujian SBMPTN thooo... SBMPTN tuh Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, ya kalo tahun lalu sebutannya SNMPTN atau biar gampang dibaca jadi SenamPTN, dan tahun-tahun lalu disebutnya SPMB, dan tahun tahun tahun yang lalu disebutnya UMPTN (dari tahun ke tahun ujian ke universitas selalu beda dan makin sulit dibacanya -_____-“). Oke, disini saya nggak akan bahas kenapa nama-nama ujian ke universitas itu selalu berbeda, tapi saya mau ceritain apaa yang terjadii di kampuuuss kitaa ini :D/. 

Lanjuuuttt... 

Sampe mana tadi? Oya, SBMPTN ini dilaksanakan 2 hari, tanggal 18 dan 19 Mei 2013. Dan Universitas Jember sendiri menjadi lokasi untuk ujian, termasuk gedung fakultas saya, Fakultas Teknik :D. Semua pasukan keamanan kampus dikerahkan buat menjaga (keamanan tentu saja..) ujian ini agar berjalan dengan baik. Di halaman parkir sertiap fakultas dipenuhi dengan calon peserta ujian, juga orang tua mereka yang setia mendampingi mereka untuk menghadapi ujian. Gini nih, suasana yang terlihat ketika ujian SBMPTN dimulai yang bisa saya abadikan. 

 Kondisi dimana bapak-bapak petugas keamanan sedang menjaga lingkungan kampus (maklum nyantai, soalnya lagi ujian :D)
Orang tua yang sedang menunggu anak-anak mereka ujian (satu rombongan dibawa :3)
Lokasi ujian SBMPTN di Fakultas Teknik
Suasana ujian SBMPTN di Fakultas Teknik
Di lokasi lain, ternyata suasananya amat berbeda, 180 derajat celcius eh 180 derajat aja dink, hehe.. Yap, disini nih, tepatnya di gedung PKM dan UMC diramaikan oleh adek-adek calon mahasiswa yang mau daftar ulang. Mereka adalah yang telah diterima SNMPTN undangan (yaa kalo istilah dulu sih PMDK) dan juga penerima beasiswa Bidik Misi. Kalo saya lihat, suasananya amat sangat ramai dan juga padat merayap. Ada yang sibuk mengantri untuk mengambil formulir pendaftaran, mengantri untuk cek kesehatan, dan emang-emang penjual makanan dan minuman :D. Selain itu, saya juga melihat ada banyak mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa daerah juga beberapa organisasi kemahasiswaan seperti FSUKI (yang saya lihat sih cuma ini :D) .  

Kok mereka ada disana ya? 

Ya, ini udah jadi sebuah budaya di kampus saya, dan pasti kampus-kampus yang lain, kalau ada penerimaan mahasiswa baru seperti ini pasti rame sama temen-temen mahasiswa dari seantero organisasi yang ada di kampus (walau nggak semua sih, kayaknya :p). Biasanya mereka mau ngebantuin calon adek-adek mereka untuk nyarikan kost atau memberikan daftar kost dekat kampus misalnya, atau memberikan informasi seputar dunia kampus, khususnya fakultas yang mau mereka tuju. 

Jadi, buat adek-adek saya yang mau masuk perguruan tinggi nih, jangan takut dan jangan khawatir, soalnya ada banyak kakak-kakak mahasiswa yang bakal bantu dan memandu kalian untuk mengenal gimana sih dunia kampus tuh? Dan dimana kost yang dekat dengan kampus saya? Atau bisa jadi ajang tambah teman dan bisa akrab sama dengan kakak angkatan :D/. So, banyak-banyaklah bertanya, karena pepatah mengatakan bahwa malu bertanya, sesat di jalan, apalagi yang dari luar daerah, kayak saya nih, hehe.. Tapi saya juga mau kasih saran, hati-hati juga kalau mengobrol dengan orang asing, jangan sampe kalian kebawa-kebawa sama hal-hal yang nggak diinginkan, naudzubillah, jangan sampe ya? :)

Ini suasana yang saya potret di sekitar gedung PKM dan UMC. 


Temen-temen mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa daerah yang sedang menunggu adek-adeknya yang sama daerah asalnya dengan mereka
Situasi di UMC, mereka yang sedang menunggu giliran untuk cek kesehatan :D
So, buat adek-adek saya yang udah keterima di Universitas Jember, saya ucapkan SELAMAT, OMEDETOU, CONGRATULATION, hehe.. Tetep semangat, karena kalian udah jadi mahasiswa, bukan siswa lagi :D. Dan buat adek-adek saya yang sedang menghadapi SBMPTN, selamat berjuang dan mudah-mudahan kalian bisa diterima di universitas yang kalian inginkan, aamiiiin \:D/.

0 komentar:

Posting Komentar