Selasa, 05 November 2013

Tips Menjaga Kondisi Tubuh dan Mengatasi Keboringan Saat Menjaga Stand di Festival Tegalboto

Pameran produk dan bazaar makanan di Festival Tegalboto 2013 dibuka setiap hari, mulai tanggal 2-10 November 2013 pukul 08.00-22.00 WIB. Waktu yang panjang ini tentunya menguras tenaga temen-temen, khususon yang lagi jaga stand pameran. Ya bayangin aja, stand yang dibuka selama 14 jam di alam terbuka begini sangat beresiko terhadap kondisi tubuh temen-temen akibat kondisi cuaca yang nggak menentu ini.

Nah, sebagai penjaga stand pameran yang baik (ehem..), saya mau ngasih tips nih supaya kondisi temen-temen tetep fit pada waktu bekerja :D.
  • Jangan telat makan
Hal ini adalah faktor utama penyebab temen-temen jadi sakit. Telat makan. Saking seriusnya melayani pengunjung atau terlalu bersemangat jaga pameran, akhirnya jadi telat buat makan. Resikonya ya jadi sakit, biasanya tuh kayak maag dan penyakit perut lainnya yang disebabkan karena telat makan. Oleh karena itu, temen-temen wajib makan teratur meskipun jaga stand seharian.

Apa? Nggak punya duit buat makan?

Tenaaang, buat temen-temen penjaga stand ada bonus dari panitia berupa kupon (voucher) makan Rp 5.000, biasanya 1 stand dapet 10 kupon tiap harinya (biasanya). Kupon ini bisa digunakan di seluruh stand bazaar makanan yang ada di Festival Tegalboto (bukan Bu Happy di Jalan Jawa ya? Nggak laku kuponnya XD).

voucher makan di Festival Tegalboto
  • Banyak minum vitamin atau susu
Ini juga cukup penting buat temen-temen. Stamina yang terus terkuras seharian membuat temen-temen jadi gampang kelelahan, kalau udah drop jadinya sakit deh. Tuh, ada temen saya di stand lain yang udah tepar karena kecapekan. Minum suplemen cukup membantu temen-temen agar kondisinya tetep fit, kalau nggak mau ribet ya minum susu. Jangan sampe karena terlalu over jaga stand akhirnya sakit, nggak kuliah, sayang kan?
  • Bawa persediaan tolak angin dan minuman anget lainnya
Ini amat perlu juga. Apalagi kalau malam hari, cuacanya dingin gitu. Jangan sampe deh temen-temen masuk angin gara-gara seharian di ruang terbuka. Hal ini diperlukan untuk mencegah temen-temen mengalami hal yang nggak diinginkan.
  • Buat shift jaga
Biar temen-temen nggak kelelahan menjaga stand seharian. Membuat shift jaga amat diperlukan. Misal buat shift pagi, siang dan malam. Jadi, temen-temen nggak perlu banyak ngeluarin tenaga untuk menjaga stand selama 14 jam. Akan ada waktu istirahat jika temen-temen membuat shift jaga ini :D.
  • Bawa laptop
Ngerasa boring jaga stand? Bawa laptop atau bermain gadget setidaknya menjadi penghibur di kala boring. Ya bayangin aja, dari waktu 14 jam tersebut nggak selalu ramai pengunjung, kan bisa tuh nonton film atau nge-game di laptop kalau lagi nggak ada pengunjung. Yang punya tugas, sekalian bisa ngerjain juga disini :D.
temen-temen penjaga stand yang lagi nonton film
  • Karaokean
Masih boring juga? Bisa juga nih cara ini dicoba, karaokean. Tinggal bawa mic, speaker, hp atau laptop, langsung deh capcus karaokean. Atau yang nggak mau ribet ya tinggal bawa gitar dan nyanyi bareng. Solusi keboringan beres dengan cara seperti ini.

temen-temen yang lagi gitaran
Nah, gimana tips yang saya kasih ini? Silakan dicoba dan semoga bermanfaat. Oya, tetep semangat ya jaga standnya, masih ada 5 hari lagi nih ^_^.

0 komentar:

Posting Komentar