Minggu, 26 Januari 2014

Bandung #3 : Army Girls, Harus Lebih Kuat

Army Girls
Hari ini aktivitas saya diisi dengan menemani adik untuk urusan pekerjaannya, make up artis. Agak kaget memang, karena saya baru tahu kalau adik saya punya bakat make up-in orang (kemana aja loe yang jadi kakak? -____-"). Ya, di hari Minggu yang amat sangat cerah mencrang panas bikin hareudang ini saya dan adik pergi ke Metro Indah Mall dalam rangka Lomba Cover Dance. Emm, tepatnya nama acaranya "Rookie Awards 2014". Entah apa itu artinya, yang jelas ini merupakan ajang kompetisi para cover dancer K-Pop (baca : Korean Pop) se-kota Bandung (kayaknya ya? saya ngga merhatiin nih). Kebetulan kakak sepupu saya, Anggi, turut berpatisipasi dengan grup dance-nya dalam kompetisi ini. Army Girls, begitulah mereka menamai grup cover dance-nya itu. Kalau saya artikan satu-satu, army itu kan bisa diartikan sebagai tentara, sedangkan girls itu perempuan. Jadi kira-kira dapat diartikan sebagai tentara perempuan atau dengan kata lain sebagai perempuan yang kuat dan tangguh seperti tentara. Eh, tapi ini definisi karangan saya, untuk lebih jelasnya bisa tanya langsung sama member-membernya ya, hahaha :D.

Dancer yang beranggotakan 7 orang ini semuanya adalah perempuan, dan rata-rata masih duduk di bangku SMA. Saya nggak hafal satu persatu anggotanya, karena saya disana tugasnya hanya menemani adik saya, jadi disana saya hanya sekedar melihat dan main tablet (karena nggak ada kerjaan :v). Pada kompetisi yang diadakan di lantai 1 Mall yang terletak di daerah Soekarno Hatta Bandung ini, Army Girls berkostumkan pakaian basket, plus aksesoris yang serba hitam putih. Awalnya saya kira mereka salah alamat, karena ini adalah kompetisi dance, bukan basket. Tapi ternyata bukan, memang disini mereka men-cover dance dari sebuah boyband yang saya belum tahu nama grupnya dan lagunya apa (eh, maap ya saya katro soal K-pop). Jadi dandanan mereka terlihat seperti lelaki alias tomboy.

Menonton kompetisi dance seperti ini adalah pertama kalinya buat saya. Maklumlah, selama saya kuliah di Jember, saya jarang pergi ke sebuah pertunjukan musik ataupun tari karena kesibukan tugas dan kuliah yang tidak bisa ditinggalkan (sebenarnya bisa, aslinya malas aja, haha..). Dan sepanjang yang saya tahu, di Jember sendiri jarang-jarang ada acara seperti ini, gathering fansnya K-pop atau J-pop, atau yang sejenisnya (atau emang saya nggak tahu aja ya?), yang saya tahu ya salah satunya ada Stand Up Comedy, hehe.. Jadi, agak kaget juga ketika melihat penampilan para peserta, ya memang sih mereka berpakaian disesuaikan dengan pakaian yang digunakan dengan yang aslinya (sebagian ada yang dimodif dan dikreasikan sesuai keinginan peserta), tapi melihat mereka yang "berani" dan aduhai itu membuat saya cuma bisa melongo dan menelan ludah. Sesaat saya berpikir, untung saya cewek, kalau cowok... Sudah, jangan dilanjut, nanti malah tambah parah dan ngawur ceritanya, hehe...

Sebenarnya, berpakaian yang mirip-mirip gitu pernah saya lihat waktu saya ikut berkompetisi di Lomba Cosplay (Costume Player) kelas 1 SMA dulu. Untungnya, kostum yang saya kenakan tertutup semua, karena saya berperan sebagai salah satu jenderal 13 dalam anime Bleach. Tapi untuk yang sekarang saya anggap agak terlihat "wah" dan sebenarnya cukup khawatir juga, tapi apa daya cuma bisa bergumam dalam hati. Saya berpikir positif aja, mereka berpenampilan begitu agar performa mereka maksimal, udah itu aja, kalau dilanjut bahas ginian nggak selesai-selesai nanti.

Setelah melihat grup Army Girls latihan, saya menuju stage dimana para peserta tampil. Penampilannya bagus, bahkan ada yang bagus banget. Euforia penonton pun begitu ramai, bahkan amat sangat ramai ketika grup dance laki-laki tampil. Teriak sana, teriak sini, sampai telinga saya sakit mendengarnya. "Emang begitu, kalau ada cover dancer cowok, ya pada teriak-teriak gini," kata adik saya yang amat sangat paham sekali dengan dunia cover dance ini. Saya cuma manggut-manggut sambil bersabar :'(.

Tiba saatnya Army Girls tampil. Entah kenapa saya juga disuruh adik saya untuk membentangkan banner bertuliskan BTS dan tulisan Korea yang saya lupa artinya apa (padahal adik saya udah ngasih tahu -_-). Tapi saya nurut aja, dan berharap banner itu jadi penyemangat mereka, meskipun saya sampe sekarang nggak ngerti artinya apa, hahaha... Saat tampil, saya merasa ada keanehan di wajah mereka, performa mereka tidak sesemangat saat latihan tadi. "Ada apa?" gumam saya. Tapi ya sudahlah, saya berpikir mungkin mereka sedikit gugup, dan saya tetap melanjutkan untuk menyemangati mereka. Saatnya gerakan spesial yang ditunggu-tunggu, Flying Kick. Sayang, di akhir gerakan tendangan itu ada miss, sehingga kurang sempurna. Saya bahkan sampe teriak-teriak ketika gerakan itu ditampilkan (nah lhoo, jadi ikut teriak juga?), soalnya saya takut kalau tendangan itu tidak berhasil. Tapi overall penampilan mereka cukup bagus :).

Setelah tampil, tiba-tiba suasana haru terjadi di base mereka. Sebagian dari mereka menangis, bahkan sebagian lainnya yang awalnya kelihatan tegar langsung menunduk dan menangis juga. Kalau yang saya lihat, mereka merasa menyalahkan diri karena performa mereka kurang maksimal. Meski senior-seniornya mencoba untuk menyemangati tapi mereka tetap tertunduk sedih. Disitu saya hanya bisa diam dan melihat. Bukannya nggak pengen bantu, tapi karena saya bukan orang yang terlibat disana. Tetapi ketika kakak sepupu saya menangis, saya pun jadi ikut menangis. Saya bilang, "Sudah, menang kalah itu sudah biasa, yang penting kalian sudah menunjukkan performa kalian yang terbaik, sudah, penampilan kalian bagus kok". Sebegitu merasa sedihnya mereka, bahkan ada satu member mereka yang benar-benar down hingga akhirnya pingsan. Semua yang ada disana panik, dan mencoba untuk membantu menyadarkannya. Tapi pada akhirnya semua berakhir baik. Semua member mencoba bangkit kembali dengan semangat dari kakak-kakak mereka.

Army Girls, harus kuat sekuat para tentara yang berjuang di medan perang. Area berperang itu amat keras dan kejam, tapi bagaimana kalian mampu untuk bertahan dan berusaha untuk memenangkan peperangan. Begitupun dengan kompetisi ini, apapun yang terjadi, jangan pedulikan omongan orang lain yang dapat menggoyahkan kalian, tunjukkan kemampuan kalian yang terbaik, dan tunjukkan pada mereka bahwa grup ini adalah grup yang hebat :).

* Didedikasikan untuk grup cover dance kakak sepupu saya, Army Girls.

2 komentar:

  1. Wahh..sebelahan sama kantor tempat saya kerja tuh..
    padahal bisa kopdar. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, dimana tempat kerjanya?
      saya kebetulan lagi pulang kampung nih, dan belum pernah ikut kopdar :3

      Hapus