Minggu, 16 Maret 2014

Arak-arakan Wisudawan/ti Teknik Elektro UJ Periode Maret 2014


Kampus Teknik sudah diramaikan oleh banyak orang sejak pukul setengah 6 pagi. Mereka ada yang berjaket biru, berkemeja hitam, dan ada pula yang berbaju kurung hitam. Siapa mereka? Untuk apa mereka berkumpul disana sejak pagi? Ya, hari ini adalah hari bahagia untuk para Wisudawan/ti Universitas Jember pada umumnya, dan Wisudawan/ti Teknik Elektro pada khususnya.

Mereka yang berjaket biru dan berkemeja hitam adalah mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2011, 2012, dan 2010. Juga ada mahasiswa angkatan 2013 yang memakai baju PK2. Mereka yang berbaju kurung hitam adalah yang wisuda hari ini, kakak-kakak kami yang telah lulus dan mendapat gelar Sarjana Teknik (kebetulan periode ini yang Diploma tidak ada). Hari ini adalah harinya mereka, para wisudawan/ti yang akan diwisuda oleh Universitas di Gedung Soetardjo, dan kami adik tingkatnya yang mengantar mereka dari kampus sampai Gedung Soetardjo.
Wisuda periode ini didominasi oleh angkatan 2009
suasana di kampus sebelum arak-arakan
Ini kali ketiganya Teknik Elektro mengadakan pelepasan Wisudawan/ti atau dalam hal ini kami menyebutnya arak-arakan. Sebuah budaya baru yang diciptakan untuk memberikan penghormatan kepada yang telah lulus dan menciptakan sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan, dan mudah-mudahan akan terus berlanjut di setiap periode wisuda berikutnya.
Wisudawan/ti yang akan diarak
Euforia membahagiakan tercipta disini. Ada yang berfoto bersama, tertawa, dan ada pula yang sibuk menyiapkan arak-arakan. Tidak ada yang bersedih hati disini, semuanya bahagia, bahagia melihat kakak kami yang akan diwisuda. Pada arak-arakan kali ini para Wisudawan/ti akan diarak oleh 4 jenis kendaraan, 2 diantaranya adalah mobil listrik ciptaan Dosen dan Mahasiswa Teknik UJ yaitu Titen GX dan Sinosi, yang lainnya dibawa oleh mobil pick up dan sepeda motor.

Pukul setengah 7 semuanya bersiap, setiap angkatan membentuk barisan. Paling depan adalah Titen yang membawa dua Wisudawan, Mas Krisna dan Mas Tole (Mas yang satu ini saya lupa nama aslinya :p). Di belakangnya ada Sinosi yang membawa Mbak-mbak cantik, karena periode ini hanya ada tiga Wisudawati. Kemudian di belakangnya ada pengantar, mahasiswa 2010 dan 2011. Berikutnya ada 2 mobil pick up yang membawa cukup banyak wisudawan, juga 2 sepeda motor yang membawa Wisudawan lainnya. Dan di barisan paling belakang ada mahasiswa 2012 dan 2013.
Suasana persiapan arak-arakan wisudawan

Barisan pengantar arak-arakan
Sepanjang perjalanan kami menyanyikan Mars Teknik Elektro, Bangun Pemudi dan Pemudi, dan Minggiro (judul aslinya nggak tahu -_-"). Di jalanan itu pula tak jarang kami dilihat oleh masyarakat sekitar ketika kami berjalan melewati mereka, bahkan ada yang mengambil foto. Mungkin kelihatan jarang ada Wisudawan/ti Universitas Jember yang diarak dengan banyak orang juga mengibarkan bendera Himpunan dan masing-masing angkatan. Kami berjalan mulai dari Kampus, melewati Kampus Kedokteran, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, kemudian keluar melewati Jalan Mastrip, Jalan Kalimantan, hingga Gedung Soetardjo. Meski kami dilihat banyak orang, tetapi kami tidak malu, kami bangga bisa mengantarkan kakak-kakak kami hingga gerbang utama Universitas Jember.

Di tengah perjalanan, Sinosi terhenti. Saya sendiri tidak tahu alasannya apa (walau akhirnya tahu bahwa Sinosi terhenti karena daya mobil tidak cukup kuat untuk menahan beban yang terlalu banyak sehingga akhirnya tidak bisa berjalan maju, narasumber Riki Setian, temen saya :3). hingga akhirnya mobil harus didorong oleh beberapa orang. Namun meski terjadi insiden seperti itu, tidak menyurutkan niat kami untuk terus mengantar kakak-kakak kami hingga tujuan.


Sampai di tujuan, kami langsung membuat barisan membentuk seperti gerbang, istilahnya Gate of Honour, ya seperti itulah, hehe. Tidak seperti tahun lalu yang masih bisa bersantai dan berfoto, kali ini kami harus bergerak cepat karena acara di Gedung Soetardjo hampir dimulai, dan Wisudawan/ti fakultas lain sudah berjalan masuk ke gedung. Mars Teknik Elektro terus kami kumandangkan seiring dengan kakak-kakak kami yang berjalan di antara kami. Senyum bahagia terpancar dari wajah mereka. Saya pun turut bahagia, bahkan hampir menangis karena terharu. Setelah semua Wisudawan/ti berbaris bersama yang lainnya, kami semua berkumpul di depan rektorat untuk evaluasi. Sejauh ini cukup baik walaupun yang sebelumnya lebih baik. Ke depannya arak-arakan ini bisa berjalan lebih baik dan dipersiapkan jauh-jauh dari waktu pelaksanaannya.
Saat evaluasi

Kepada kakak-kakak kami yang telah diwisuda, saya ucapkan selamat atas kelulusan kalian. Selamat meraih gelar Sarjana Teknik, sebuah gelar yang dicapai tidak dengan cara yang mudah, perlu perjuangan yang luar biasa untuk mencapai itu. Semoga bisa menjadi teladan dan manfaat untuk masyarakat, aamiin. Juga kami sebagai adik tingkat kalian bisa segera menyusul, aamiin aamiin ya robbal alamin. Dimanapun dan kapanpun, Teknik Elektro sak lawase tetep dulur.


Sopo kene? Teknik!
Teknik opo? Elektro!
Teknik Elektro! Dulur dulur dulur!

6 komentar:

  1. selamat bagi yang udah lulus.. :) makan2nya ditunggu lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya selamat, selamat :))
      waah, makan-makannya udah kemarin tuh :3

      Hapus
  2. wew pakai acara arak-arak,, jadi seru dan berkesan bagi para wisudawan tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, biar seru :D
      pastinya, dan bisa jadi budaya di setiap wisuda :)

      Hapus
  3. kangen kuliah kangen wisudaaaaaannnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diwisuda lagi aja kak dewi, biar kangennya terobati XD

      Hapus