Rabu, 05 Februari 2014

Bandung #13 : Komentator "Ahay"


Pertandingan Persib vs Persita dalam Laga ISL 2014 (source)
Hari ini saya bangga dengan prestasi yang diukir oleh para pemain Persib atas kemenangannya dalam pertandingan melawan Persita di Stadion Jalak Harupat Bandung. Ya, tim yang dijuluki Maung Bandung ini berhasil mengalahkan lawannya 2-0 dalam laga ISL 2014. Kemenangan yang dicetak oleh pemain berkaos biru ini diperoleh dari hasil tendangan penalti.
 
Hadi Gunawan, Komentator "Ahay" (source)
Tapi tulisan ini tidak akan membahas jauh bagaimana proses pertandingan antara dua tim sepakbola tersebut, atau menganalisis mengapa Persita kalah. Bukan, bukan itu. Satu hal yang membuat saya tertarik adalah komentarnya, lebih tepatnya sang komentator. Masih ingat dengan pertandingan Timnas U-19 melawan Filipina? Satu kata khas yang selalu dilontarkan sang komentator, apalagi di saat momen-momen yang menegangkan, yap "ahay". Mungkin sudah agak basi ya kalau saya menulis tentang ini, mengingat pertandingannya sudah lama berlalu. Bahkan tren kata-kata ini sudah lama berkicau di sosmed dan media cetak, tetapi saya masih tetap senang dengan kata itu, ahay :D.

Dialah Hadi Gunawan (namanya kok sama kayak teman saya ya XD), sang komentator sekaligus produser acara olahraga di salah satu stasiun TV swasta yang mempopulerkan kata "ahay" ini. Saya kutip dari situs bola.okezone.com bahwa teriakan “ahay” itu bukan kebiasaan atau latah komentator ini melainkan reaksi spontannya saat melihat momen-momen menegangkan dalam pertandingan (saya kira emang diminta ngomong kayak gitu, hehe).

Jadi kalau saya perhatikan, yang seru itu bukan pertandingannya. Pertandingannya mah emang udah gitu jalannya, menang dan kalah. Yang bikin menarik itu setiap momen yang bikin copot jantung (eh lebay juga ya?) pasti suka ada komentar, "Ahay, bolanya nyaris masuk...", "dan..ahay..".

Dan ahay sepertinya pikiran saya mentok mau nulis apalagi, hehe. Kita tunggu aja ya pertandingan selanjutnya dengan sang komentator ahay :D.

0 komentar:

Posting Komentar